Shampo Merang dan Minyak Obat Ketombe

Ketombe merupakan sebuah kondisi yang sangat mengganggu. Meskipun bukan sesuatu yang berbahaya, ketombe yang menyerang sekitar 50 persen dari populasi dunia ini dapat memengaruhi rasa percaya diri dan sangat tidak nyaman. Kulit kepala yang gatal dan berketombe merupakan tanda Anda memiliki kondisi ini. Namun, kulit kepala yang berketombe juga akan menunjukkan gejala lain, seperti bercak kulit yang berminyak serta adanya sensasi kesemutan di kepala. Dalam kasus yang ringan, ketombe mengganggu di kulit kepala dapat diatasi menggunakan shampo merang

Gunakan shampo merang apabila Anda memiliki ketombe. Mengetahui penyebab ketombe akan memberi informasi seputar jenis perawatan apa saja yang kiranya perlu dilakukan. Biasanya, penyebab terjadinya ketombe adalah kulit yang kering, seborrheic dermatitis, sensitivitas terhadap produk perawatan rambut, dan pertumbuhan jamur jenis tertentu yang hidup di kulit kepala Anda. Ada banyak produk over-the-counter atau OTC yang didesain untuk merawat gangguan akibat ketombe, salah satunya adalah shampo merang. Ada pula perawatan alami yang efektif mengatasi kondisi ini. 

  • Minyak pohon teh. Dalam sejarahnya, minyak pohon teh telah digunakan untuk merawat berbagai macam penyakit atau kondisi, mulai dari jerawat hingga psoriasis. Minyak pohon teh terbukti mengandung sifat antimikroba dan anti peradangan yang kuat. Efek ini dapat membantu meringankan gejala ketombe. Faktanya, menurut sebuah tinjaun, minyak pohon teh efektif dalam melawan strain jamur tertentu yang menyebabkan ketombe dan seborrheic dermatitis. Studi 4 minggu yang lain menguji efek dari minyak pohon teh terhadap ketombe. Studi tersebut merawat 126 orang setiap harinya menggunakan sampo yang mengandung 5 persen minyak pohon teh atau placebo. Pada akhir studi, minyak pohon teh mengurangi tingkat keparahan gejala ketombe hingga 41% dan menunjukkan adanya berkurangnya minyak dan gatal-gatal. Namun, penting untuk diingat bahwa minyak pohon teh dapat menyebabkan iritasi pada kulit yang sensitif. Sehingga, akan lebih baik apabila Anda mengencerkannya pada carrier oil seperti minyak kelapa sebelum mengoleskannya langsung ke kulit. 
  • Gunakan minyak kelapa. Selain menggunakan shampo merang, Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa, yang telah diketahui beberapa manfaat kesehatan. Faktanya, minyak kelapa sering digunakan sebagai obat alami rambut berketombe. Minyak kelapa membantu menghidrasi pada kulit serta mampu mencegah kulit kering, secara efektif mengurangi gejala ketombe. Studi kecil juga dilakukan pada 34 orang. Studi ini menunjukkan bahwa minyak kelapa sama efektifnya dengan minyak mineral dalam meningkatkan hidrasi pada kulit. Penelitian juga mampu membuktikan bahwa minyak kelapa efekit untuk perawatan eksim. Eksim adalah sebuah kondisi kulit yang dapat berkontribusi pada terjadinya ketombe. Sebuah studi membandingkan efek minyak kelapa dan minyak mineral pada kasus atopic dermatitis, sejenis eksim yang dikarakterisasikan dengan adanya rasa gatal dan peradangan. 

Mengoleskan minyak kelapa ke kulit dalam waktu 8 minggu dapat mengurangi ketombe sebesar 68 persen. Minyak kelapa terbukti memiliki sifat antibakteri dalam beberapa studi tes tabung reaksi, meskipun efek terhadap strain jamur khusus yang menyebabkan ketombe masih belum diperiksa. 

Meskipun ketombe dapat menjadi suatu hal yang sangat mengganggu, ada banyak perawatan alami yang tersedia yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi gejala ketombe dan memberikan efek lega dari gangguan gatal-gatal kulit kepala tersebut. Selain menggunakan shampo merang, Anda bisa mencoba menggunakan minyak pohon teh dan minyak kelapa, yang tidak hanya alami tetapi juga efektif dalam mengatasi ketombe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *