Ketahui Kegunaan Pengobatan dengan Terapi Laser Dingin

Terapi laser dingin atau terapi laser tingkat rendah (LLLT) adalah terapi laser intensitas rendah yang dapat berfungsi merangsang penyembuhan saat menggunakan tingkat cahaya yang rendah. Metode ini disebut terapi laser dingin karena tingkat cahaya yang rendah tidak cukup untuk memanaskan jaringan tubuh Anda. Tingkat cahayanya rendah jika dibandingkan dengan bentuk terapi laser lainnya, seperti terapi laser yang digunakan untuk menghancurkan tumor dan mengentalkan jaringan.

Kegunaan Terapi Laser Dingin

Petugas medis seperti dokter, dokter gigi, ahli terapi fisik, dan profesional medis lainnya menggunakan terapi laser dingin dalam berbagai cara. Kegunaan utama untuk terapi laser dingin adalah perbaikan jaringan dan menghilangkan rasa sakit dan peradangan.

Mengatasi Cedera Ringan dan Keseleo

Terapi laser dingin juga dapat digunakan untuk mengobati cedera ringan dan keseleo, seperti:

  • keseleo ligamen
  • otot tegang
  • tendonitis
  • radang kandung lendir atau bursitis
  • tennis elbow
  • sakit leher
  • nyeri punggung bawah
  • sakit lutut
  • rasa sakit yang terkait dengan kejang otot 

Selain itu, terapi laser dingin juga dapat digunakan untuk membantu meredakan pembengkakan dan meningkatkan penyembuhan sendi dan jaringan lunak.

Mengatasi Peradangan

Dokter gigi dapat menggunakan teknik laser dingin dalam pengobatan jaringan yang mengalami peradangan di mulut dan untuk menyembuhkan ulserasi. Dokter juga dapat menggunakan terapi laser dingin untuk mengatasi radang akibat rheumatoid arthritis (RA) dan penyakit autoimun kronis lainnya.

Meredakan Sakit dan Nyeri

Nyeri akut seperti fibromyalgia dan carpal tunnel syndrome dapat diatasi dengan terapi laser dingin.

Peremajaan Kulit

Terapi laser dingin dapat digunakan untuk mendorong peremajaan kulit. Dermatologists menggunakannya untuk mengobati berbagai masalah kulit, seperti:

  • jerawat dan bekas jerawat
  • psoriasis
  • luka bakar
  • vitiligo
  • edema, atau pembengkakan pada kulit
  • dermatitis dan ruam.

Penyembuhan Luka

Terapi laser dingin dapat berfungsi untuk pengobatan pada luka yang sulit disembuhkan, termasuk luka yang berhubungan dengan diabetes.

Akupunktur

Ahli akupunktur menggunakan terapi laser dingin untuk klien atau pelanggan yang merasa tidak nyaman dengan jarum. Sinar laser tingkat rendah dapat merangsang titik akupuntur dengan cara yang sama seperti jarum, tetapi tanpa menusuk kulit.

Keamanan Terapi Laser Dingin

Terapi laser dingin dianggap aman jika digunakan di bawah perawatan dokter atau oleh praktisi yang telah memiliki kualifikasi yang sesuai. Sisi positifnya yaitu terapi laser dingin bersifat non-infasif dan tidak menyakitkan, sehingga pengguna tidak memerlukan obat atau perawatan lainnya. 

Meski begitu, terapi laser dingin sebaiknya tidak digunakan untuk pasien yang memiliki karsinoma atau lesi kanker. Terapi laser dingin juga harus dihindari pada kelenjar tiroid atau mata ketika akan beraktivitas di luar rumah. Efek terapi laser dingin pada bayi yang belum lahir masih tidak diketahui, oleh karena itu disarankan agar wanita hamil menghindari perawatan dengan metode ini.

Salah satu kelemahan dari terapi laser dingin adalah waktu. Setiap sesi terapi laser dingin hanya membutuhkan waktu beberapa menit, tetapi dibutuhkan waktu selama sebulan sebelum bisa mengetahui keefektifannya. 

Perangkat terapi laser dingin kini ada yang tersedia untuk digunakan di rumah. Jika Anda sedang mempertimbangkan ingin membeli perangkat tersebut, ada beberapa hal penting yang harus Anda pikirkan terlebih dahulu. Hal ini karena output laser bervariasi dan terkadang tidak menghasilkan output yang sesuai dengan klaim produk tersebut. 

Hingga sekarang, penelitian tentang efektivitas dan keamanan terapi laser dingin masih berlangsung. Jika Anda tertarik menggunakan metode terapi laser dingin, sebaiknya konsultasikan kepada dokter, ahli terapi fisik atau profesional medis lainnya untuk mengetahui apakah metode tersebut tepat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *