Cek Kolesterol Prodia Medan dan Tips Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu bahaya terbesar dari kondisi kolesterol tinggi yang berkepanjangan adalah memicu penyakit jantung koroner. Ini karena kolesterol dalam aliran darah rentan membentuk plak yang menyumbat aliran darah dan oksigen dari dan ke jantung. Tidak jarang kasus serangan jantung yang memastikan pun terjadi karena pasien memiliki kadar kolesterol tinggi yang tidak terpantau dan tidak terkontrol. 

Karena itu, sangat penting untuk melakukan pengecekan kolesterol di laboratorium terpercaya, seperti Prodia Media, sebagai upaya mencegah penyakit jantung. Soalnya jika kadar kolesterol tinggi Anda cepat diketahui, upaya yang lebih tepat untuk menurunkannya bisa dilakukan. 

Tentunya mencegah penyakit jantung tidak bisa sebatas rutin melakukan pengecekan kadar kolesterol. Banyak langkah lebih konkret terkait perubahan gaya hidup yang mesti Anda apalikasikan agar fungsi dan aliran darah ke jantung selalu maksimal. Risiko serangan jantung pun bisa ditepis. Berikut ini adalah beberapa tips mencegah penyakit jantung yang perlu Anda coba. 

Batasi Garam dan Gula 

Batas konsumsi garam per harinya yang disarankan hanya 1 sendok teh per hari. Sementara itu, batas asupan gula yang direkomendasikan hanya 5 sendok makan per hari. Jika lebih daripada itu, risiko penyakit jantung akan mengintai lebih dekat. Soalnya, terlalu banyak asupan gula membuat risiko tekanan darah tinggi meningkat dan menyempitkan arteri yang membuat aliran darah darah dari dan ke jantung menjadi kurang lancar. Sementara itu, terlalu banyak asupan gula membuat risiko diabetes membesar. Diabetes sendiri membuat penumpukan plak kolesterol lebih mudah membesar dan menghalangi aliran darah dan oksigen ke jantung. 

Perbanyak Buah dan Sayur 

Kurangi makanan berlemak sekarang juga. Batasi pengonsumsian Anda terhadap beragam daging-dagingan, walaupun bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsinya. Makan daging yang mengandung protein tetap diperlukan, namun dalam jumlah yang lebih kecil. Di sisi lain, disarankan Anda mengonsumsi buah dan sayur lebih banyak. Kandungan serat pada buah dan sayur bisa memperlancar metabolisme sekaligus mengikat lemak dalam usus untuk membuangnya lewat feses secara cepat. 

Jaga Berat Badan Ideal 

Semakin besar berat badan Anda, semakin besar pula lemak yang berada dalam tubuh. Lemak yang menumpuk inilah yang berisiko menimbulkan berbagai penyakit kronis, tidak terkecuali penyakit jantung. Untuk itu, penting senantiasa menjaga berat badan ideal. Jangan lupa pula untuk melakukan pengecekan kadar lemak dan kolesterol di Prodia Medan jika Anda merasa berat badan terlalu berlebihan. 

Olahraga Teratur 

Olahraga memiliki banyak manfaat, termasuk memperkuat jantung dan meningkatkan sirkulasi. Ini juga dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat dan menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Semua ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Tidak perlu olahraga berat dan terlalu lama. Berjalan kaki atau jogging setidaknya 30—60 menit setiap hari sudah sangat baik untu menjaga kesehatan jantung dan organ vital lainnya di tubuh Anda.

Kelola Stres dengan Baik 

Stres yang tidak terkelola dengan baik akan berdampak buruk bagi tubuh Anda. Soalnya, stres dengan mudah meningkatkan tekanan darah. Jika sudah demikian, pembuluh darah menjadi menyempit dan berisiko menimbulkan penyakit jantung. Bahkan tidak jarang, stres ekstrem menjadi pemicu serangan jantung. Beberapa cara untuk mengelola stres dengan baik adalah berlatih bernapas dalam-dalam, meditasi, mendengarkan musik, sampai jalan-jalan untuk melepas penat. 

Jangan Merokok 

Merokok meningkatkan tekanan darah Anda dan menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi untuk serangan jantung dan stroke. Jika Anda tidak merokok, jangan mulai. Jika Anda merokok, berhenti akan menurunkan risiko penyakit jantung. Anda dapat berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk mendapatkan bantuan dalam menemukan cara terbaik bagi Anda untuk berhenti.

Tidur yang Cukup 

Pastikan Anda cukup tidur. Jika tidak cukup tidur, Anda meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, obesitas, dan diabetes. Ketiga hal tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan 6—8 jam tidur per malam. Untuk memenuhi kebutuhan tidur ini, jangan memilih untuk begadang jika tidak terlalu terpaksa. 

*** 

Selain mengecek kolesterol dan mengubah gaya hidup lebih sehat, jangan lupa pula untuk rutin melakukan pengecekan jantung lewat tes ekokardiografi maupun treadmill. Untuk berbagai tes tersebut, Anda dapat melakukannya di Prodia Medan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *