7 Penyebab Badan Terasa Panas Saat Malam Hari

Sering mengalami badan terasa panas saat malam hari tetapi ketika keesokan harinya malah terasa normal dan biasa-biasa saja? Tentu saja hal tersebut sangat mengherankan  bagi Anda, dan Anda pun bingung mengapa hal itu bisa terjadi. Kondisi akibat demam ini sudah pasti mengganggu waktu istirahat malam Anda karena setiap malam Anda harus berjibaku melawan panas yang tiba-tiba ada di tubuh Anda.

Akibatnya, Anda sudah memejamkan mata, dan keesokan harinya Anda terbangun bukan dalam keadaan segar, melainkan dalam keadaan lemah sehingga Anda tidak bersemangat dalam beraktivitas. Karena itu, Anda sebenarnya perlu mengetahui mengapa bisa merasakan demam saat hanya di malam hari. Berikut ini adalah kemungkinan penyebabnya.

Telapak tangan dan kaki dingin saat badan terasa panas bisa jadi merupakan bentuk respons untuk menjaga inti tubuh dan organ vital Anda tetap hangat

1. Pirogen

Kemungkinan pertama Anda mengalami demam di malam hari disebabkan oleh pirogen, bakteri yang datang dari luar. Ketika masuk ke tubuh Anda, pirogen ini akan merangsang tubuh untuk memproduksi sendiri pirogen yang kemudian menyebabkan demam melalui racun di dalamnya.

2. ISPA

ISPA atau infeksi saluran pernapasan atas adalah juga yang bisa menyebabkan Anda mengalami demam atau menggigil hanya di malam hari. Gejala terkena ISPA ini biasanya adalah Anda akan mengalami infeksi atau rasa tidak enak pada laring, trakea, dan bronkitis. Kondisi ini bisa berakhir bergantung pada kondisi kekebalan tubuh Anda.

3. Infeksi saluran kemih

Badan terasa panas di malam hari ternyata juga dapat disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada saluran kemih. Saluran kemih sendiri merupakan yang berada dekat area kemaluan untuk membentuk, mengumpulkan, dan mengosongkan air kencing. Apabila saluran kemih Anda mengalami infeksi kemungkinan saluran vital tersebut terkena racun, yang tentu saja solusinya Anda harus ke dokter.

4. Infeksi kulit

Kulit Anda yang mengalami infeksi juga bisa menyebabkan rasa panas ketika malam tiba. Infeksi pada kulit terjadi karena adanya luka atau peradangan. Kondisi seperti ini juga harus segera diobati supaya Anda tidak tersiksa terus-menerus oleh demam yang Anda alami.

5. Gangguan jaringan ikat

Gangguan jaringan ikat adalah penyakit-penyakit yang menyerang bagian atau struktur tubuh yang sudah merupakan satu kesatuan seperti jaringan tulang rawan, jaringan tulang keras, dan jaringan darah.

Apabila Anda mengalami demam akibat kondisi ini yang Anda rasakan adalah adanya rheumatoid arthritis atau rematik, scleroderma, dan dermatomyositis. Penanganannya bisa dengan pengobatan atau melalui operasi jika sudah sangat parah.

6. Peradangan

Demam yang terjadi saat hanya malam hari juga karena Anda mengalami peradangan pada tubuh Anda. Kondisi ini biasanya diakibatkan oleh alergi yang disebabkan oleh obat-obatan tertentu yang tentu saja harus Anda hentikan sesegera mungkin.

7. Tifoid

Tifoid atau tifus adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhii yang menyerang sistem pencernaan tubuh seperti usus dan lambung. Penyebab orang terkena penyakit ini adalah karena sanitasi yang buruk dan konsumsi makanan yang buruk.

Bagi kebanyakan orang penyakit tifus ini adalah penyebab seseorang mengalami panas hanya di malam hari. Hal ini dikarenakan adanya penurunan hormon kortisol atau hormon pelepas stres yang sering menyebabkan rasa lapar sehingga membuat sel darah putih yang berfungsi melawan virus harus ekstra aktif. Meskipun demikian banyak ahli menyatakan bahwa tifoid tidak selalu menyebabkan kondisi badan panas di malam hari.

Itulah beberapa penyebab kondisi yang membuat badan Anda terasa panas saat malam hari sehingga Anda tidak perlu heran, dan harus segera mencari cara untuk mengatasinya supaya siklus tidur Anda tidak terganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *